Hypnotic copywriting sering dikorelasikan dengan dunia internet marketing.
Hypnotic copywriting dasarnya merupakan tulisan biasa, namun
dimanipulasi dengan teknik-teknik penulisan tertentu, sehingga hasil
copywriting tersebut memiliki kekuatan menggugah, baik logika maupun alam bawah
sadar dari pembacanya.
Teknik copywriting seperti ini memang telah banyak digunakan
sebagai alat pendukung marketing, namun seperti halnya sebuah disiplin ilmu,
teknik hypnotic copywriting juga terus mengalami inovasi.
Perkembangan internet marketing juga turut mendorong
dilakukannya inovasi pada teknik copywriting tersebut.
Kekuatan yang menghipnotis dari hypnotic copywriting,
bersumber pada manipulasi penempatan dan cara penulisan kata-kata atau
rangkaian kata, yang tersusun menjadi sebuah kalimat yang menghipnotis.
Alhasil, membaca sebuah hasil karya hypnotic copywriting,
dapat meninggalkan kesan dalam pikiran, yang bersumber dari pesan yang secara
sistematis ditanamkan dalam tulisan tersebut.
Hypnotic copywriting memiliki karakteristik provocating.
Dimana efek tulisan menstimulasi pembacanya untuk melakukan suatu aksi
tertentu, sesuai yang diharapkan oleh penulisnya.
Ada beberapa trik penulisan yang diimplementasikan dalam
sebuah hypnotic copywriting, diantaranya,
• Pengulangan kata atau kalimat
• Dorongan untuk melakukan sesuatu
• Penekanan pada objek tertentu dalam tulisan
Dalam hampir semua hypnotic copywriting, dapat dipastikan
ada pengulangan kata atau kalimat.
Perhatikan penulisan pada contoh iklan sebuah copywriting
berikut ini:
MAU
KETAGIHAN BELAJAR ??
BELAJAR YANG LEBIH ASIK ??
GRATIS KONSULTASI 15 JAM/HARI
KAPAN SAJA, DIMANA SAJA, SIAPA SAJA !!!
SEGERA DAFTAR BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA ONLINE
klik disini
DAFTAR SEKARANG JUGA di BIMBEL MATHEMATIC KaBaTaKu...!!!!!
hubungi Nisa
081515130269
BELAJAR YANG LEBIH ASIK ??
GRATIS KONSULTASI 15 JAM/HARI
KAPAN SAJA, DIMANA SAJA, SIAPA SAJA !!!
SEGERA DAFTAR BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA ONLINE
klik disini
DAFTAR SEKARANG JUGA di BIMBEL MATHEMATIC KaBaTaKu...!!!!!
hubungi Nisa
081515130269
Kalimat tersebut ditujukan agar pembacanya benar-benar
meyakini, bahwa konser tersebut benar-benar langka dan bernilai prestisius.
Yang akhirnya dapat tertanam dalam pikiran pembacanya.
Kalimat dalam iklan copywriting tersebut ditujukan agar
calon pembeli ticket berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama, agar
mendapatkan potongan harga.
Perlu diingat, sebagian besar pembaca akan merasa dialah
yang pertama tahu informasi tersebut, sehingga dirinya akan terdorong untuk
langsung melakukan pemesanan ticket.
Hypnotic copywriting yang sering digunakan sebagai salah
satu alat marketing, memang memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan
potensi keberhasilan sebuah program marketing.
Dalam dunia internet marketing, teknik hypnotic copywriting
sering digunakan pada direct response copywriting, artikel copywriting, script
iklan copywriting, e-mail Copywriting, , dan lain sebagainya.
Menulis hypnotic copywriting untuk dunia marketing, memang
memerlukan keahlian khusus. Selain memang harus memiliki latar belakang seni
penulisan, seorang penulis hypnotic copywriting juga harus memahami berbagai
referensi mengenai dunia marketing.
Oleh karena itu, biasanya seorang penulis hypnotic writing
yang telah professional, memiliki tarif yang cukup tinggi dalam menjual
jasanya. Tidak sembarangan perusahaan yang dapat menggunakan jasa hypnotic
copywriter professional. Mungkin hanya perusahaan yang memiliki jangkauan
target market yang sangat luas yang dapat melakukannya.
Namun demikian, untuk para internet marketer yang memiliki
modal terbatas, tidak ada salahnya untuk terus berlatih menciptakan sebuah hypnotic
copywriting. Memang tidak mungkin menyamai hasil karya copywriter profesional.
Namun paling tidak, dengan hasil belajar dan berlatih, copywriting yang dibuat
dapat sedikit menghipnotis pembacanya.
Selamat praktek
No comments:
Post a Comment